Edutainment Lingkungan: Film “PRAJURIT HIJAU” Oleh: Prof. Dr. Cahyono Agus

Review Film “PRAJURIT HIJAU”

Oleh: Prof. Dr. Cahyono Agus

Guru Besar UGM Yogyakarta dan penggiat Seni & Lingkungan

http://acahyono.staff.ugm.ac.id/

 

Film edukasi lingkungan “Prajurit Hijau” yang bergenre drama musikal anak-anak sangat penting menjadi sarana edu-tainment, tontonan sekaligus tuntunan, menyadarkan arti pentingnya kontribusi nyata terhadap perbaikan lingkungan global. Saat ini, kerusakan lingkungan global telah menjadi kenyataan menyakitkan yang harus kita derita, namun kepedulian lingkungan masih sangat rendah. Daya ledak dan kekuatan film ini adalah kepionerannya serta kontribusinya dalam penyelesaian problema lingkungan global dan partisipasi nyata dalam keseharian. Penampilan dan sepak terjang tokoh lingkungan internasional seperti Al Gore (Wapres USA dan Pemenang Nobel Perdamaian), Harizon Ford (Bintang Film, aktivis lingkungan), Leonardo DiCaprio (Pemenang Oscars 2016, aktivis lingkungan) telah mampu mengangkat issue dan pendekar lingkungan menjadi lebih menarik, elegant, bermartabat, mendunia dan menjadi tanggung jawab bersama.

Film Prajurit Hijau mengambil tema lingkungan yang masih belum terlalu ngetrend dan dianggap berat serta aneh di Indonesia, namun sepertinya akan menjadi pioneer keberhasilan tema film baru dengan gagah, berarti dan memberi pengertian tanpa harus menggurui, sebagaimana tema sejarah, religious yang sempat booming sebelumnya.  Nilai edukasi bernuansa edu-tainment, sehingga terasa menyenangkan dan tidak menggurui, namun mampu memberi pengertian cerdas, luas, mendalam dan futuristik sehingga penonton menjadi tergerak untuk berkontribusi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penampilan tokoh film nasional dan tokoh pendidikan lingkungan secara nyata bisa menunjukkan keseriusan tema dan genre film ini. Setiap scene dirancang efektif saling mendukung misi dan alur utama film.

Film ini berlevel nasional dengan tema, problema, karakter dan kualitas berlevel nasional, meskipun hadir dari kota budaya Yogyakarta, yang kaya akan inovasi, kreativitas, keindahan, penuh dengan karakter unggulan lokal yang menonjol, menarik dan penting. Film ini bergenre drama musikal anak-anak, sehingga celoteh keceriaan, sederhana, lucu, dan menyenangkan menjadi roh pertunjukan secara keseluruhan, sehingga anak2 bisa menonton sambil belajar dengan senang. Struktur dan alur cerita sangat mendidik, rasional, mudah diiikuti, tidak tiba2, tidak karena nasib baik, tidak lebay, berkarakter dan mudah dimengerti. Pendukung utama film adalah kelompok anak-anak yang telah terlatih dengan nilai seni dan lingkungan yang tinggi sehingga bisa total menyampaikan pesan dan teladan dengan indah dan menyenangkan kepada seluruh pihak untuk berpartisipasi aktif dalam penyelematan lingkungan.

Tema lingkungan yang mengangkat problema penambangan pasir, mengingatkan pada peristiwa penambangan pasir di Sidoarjo yang terangkat menjadi issue hangat secara nasional. Bukan hanya masalah lingkungan namun juga pengungkapan gejolak besar dalam sosial-budaya, kemanusiaan, ekonomi, bisnis, korupsi, suap, bahkan jiwa. Dramatisasi peristiwa itu dimunculkan tanpa harus memunculkan scene kekerasan berlebihan, sehingga dampak psikologis dalam film dapat ditonjolkan untuk dapat diselesaikan dengan indah dan bijaksana.

Kementrian Lingkungan dan Kehutanan RI, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan RI, Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI serta para pendidik dan orang tua, bahkan Presiden Jokowi perlu mewajibkan atau menghimbau secara terstruktur kepada jajarannya agar mendapatkan pembelajaran penting dan indah dengan menonton film Prajurit Hijau ini, supaya tercipta insan jajaran yang mempunyai konsep dan kinerja yang cerdas, luas, mendalam dan futuristik.

Sponsor pendukung film akan mendapat branding yang kuat sebagai pendekar lingkungan dan berperan penting dalam gerakan pemberdayaan masyarakat untuk ikut mengatasi global change dan berkontribusi nyata untuk menciptakan lingkungan dan kehidupan yang lebih bermartabat dan berkelanjutan. Dunia internasional akan mengapresiasi tinggi dan sempurna akan langkah nyata seperti ini, sehingga meningkatkan prestisius pemberi sponsor.