MEMENANGKAN BEASISWA KULIAH GRATIS Oleh: Prof. Dr. Cahyono Agus

Bisa kuliah di universitas top dan terkenal di negara maju seperti Amerika, Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, Australia, tentunya merupakan prestasi unggulan langka dan kebanggaan yang tak terkira bagi setiap orang. Karena mengesankan dan representasi kualitas SDM nomer wahid yang sangat mumpuni, manusia cerdas, pintar, tak tertandingi. Saking langka dan dianggap hebat, maka orang-orang berkualitas lulusan luar negeri ini menjadi rebutan bagi perusahaan besar bukan hanya di Indonesia tetapi juga di negara maju dan modern serta mendapatkan apresiasi gaji yang sangat tinggi. Lulusannya sangat dipercaya sebagai SDM yang mampu mengembangkan masa depan perusahaan dan bangsa yang semakin kompetitif dan berat ini. Dengan input, proses, atmosfer, kerangka, fasilitas, manajemen, jaringan, reputasi dan pendidikan yang berkualitas maka alumni, konsep yang cerdas, luas, mendalam, kreatif, inovatif dan futuristik akan mampu menjadi mengantarkan menjadi pemimpin masyarakat modern masa depan yang mumpuni.

Untuk dapat kuliah di PT hebat, tentunya diperlukan persyaratan akademik, seleksi ketat dan biaya yang sangat tinggi. Diperkirakan milyaran rupiah untuk sekolah Doktor di luar negeri. Namun demikian, ternyata semua prestasi itu dapat didapatkan oleh semua orang secara gratis, tanpa biaya sama sekali, bahkan bisa menabung. Ada banyak beasiswa untuk S1, S2, S3 yang ditawarkan oleh banyak pihak, baik Pemerintah Indonesia, pemerintah berbagai negara maju, yayasan pendidikan, swasta, CSR dan sebagainya, untuk kuliah di dalam dan luar negeri. Banyak yang takut, tidak berani, ragu, pesimis dan gagal sebelum memulai dalam mencari beasiswa gratis untuk dapat kuliah di perguruan tinggi top di luar negeri karena sudah ngeri dan menganggap tidak mungkin sama sekali. Ternyata dengan trik dan strategi yang jitu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa gratis tersebut bisa diperoleh mudah dan gampang. Ikut pelatihan memenangkan beasiswa kuliah gratis merupakan modal utama untuk membangun kepercayaan dan kemampuan diri untuk dapat kuliah gratis di dalam dan luar negeri.

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kemenkeu RI memberi kesempatan seluas-luasnya secara terbuka kepada seluruh masyarakat Indonesia tanpa kecuali, baik PNS, pegawai swasta, wira-usahawan, relawan, pekerja social, lulusan baru, bahkan pengangguran. Setiap tahun lebih dari 5000 beasiswa diberikan kepada generasi unggul Indoensia yang digadang-gadang menjadi calon pemimpin patriotik masa depan Indonesia Emas. Pemerintah Indonesia menyediakan dana abadi untuk pendidikan lebih dari  16 trilyun yang dikelola oleh LPDP. Penilaian kelulusan beasiswa LPDP hanya memberi bobot 30% untuk prestasi akademik, yang meliputi 3 komponen yaitu akreditasi, IPK dan TOEFL dengan porsi nilai masing-masing sebesar 10%, yang memang nilainya tidak bisa diubah dan direkayasa lagi. Sedangkan 70% nya merupakan kemampuan non-akademik dan softskill yang berupa kepemimpinan (20%), potensi untuk maju (20%), kegiatan sosial masyarakat (15%) dan idealisme-nasionalisme (15%).

Porsi besar untuk memastikan memenangkan beasiswa LPDP dan lainnya justru bidang non-akademik sehingga kemampuan untuk mengungkap dan memformulasikan keunggulan non akademik ini menjadi sangat penting. Formulasi untuk menjadikan yang biasa menjadi luar biasa, adalah strategi dan trik jitu untuk memenangkan beasiswa gratis kuliah di perguruan top di negara maju. Pemimpin masa depan tidak cukup dituntut pandai di bidang akademik namun justru harus mampu menyatu dan memfasiltasi bangsanya untuk membantu dirinya sendiri menjadi mandiri.

Pelatihan dan pendampingan intensif yang diadakan oleh Hebat Konsultama pada tanggal 27 Januari 2017 di Gedung Mahakarya Building Jl Magelang KM 8 Yogyakarta merupakan jalan tol termudah untuk mendapatkan wawasan, trik dan strategi praktis untuk memenangkan beasiswa gratis kuliah tingkat sarjana, master dan doktor pada perguruan tinggi berkualitas di dalam dan luar negeri. Pelatihan ini terbuka bagi lulusan baru, dosen muda, peneliti muda, free lance, pengembang masyarakat, motivator, generasi muda yang mempunyai motivasi dan keinginan tinggi untuk melanjutkan sekolah secara gratis memenangkan.

Dalam pelatihan dan pendampingi ini, materi yang akan disampaikan dalam beberapa sesi adalah pendidikan dan prospek masa depan, informasi beasiswa LN dan DN, Trik dan strategi aplikasi beasiswa, pendampingan aplikasi, ujian dan wawancara beasiswa, sertra kehidupan pelajar di LN dan masa depan. Materi diperdalam tentang pentingnya pendidikan, pendidikan lanjutan, motivasi, prospek masa depan, pengembangan karier, pembangunan berbasis pengetahuan, informasi beasiswa S1-S2-S3 (sarjana, master dan doktor), jenis dan sumber beasiswa. Disamping itu juga informasi perguruan tinggi top internasional, sistem pendidikan, persyaratan administrasi, mencari professor, mencari acceptance letter, bahasa Inggris dan asing, aplikasi beasiswa. Pedampingan juga membahas kesalahan umum pelamar, faktor kegagalan pelamar, faktor pendukung keberhasilan, penyesuaian misi dan tema, mengungkap track record unggulan, hard skill, soft skill,  penulisan essay pendidikan, penulisan CV, ujian tertulis, trik dan strategi wawancara. Meliputi juga tentang persiapan keberangkatan, paspor dan visa, kehidupan pelajar internasional, shock culture, strategi hidup murah di luar negeri, survival, komunikasi harian. Tidak ketinggal, juga informasi tentang kerja sambilan, makanan halal, transportasi, akomodasi, komunitas Indonesia, budaya dan wisata negara setempat, kepemimpinan, kemandirian, masa depan bangsa dsb.

Pelatihan disampaikan melalui metode presentasi, diskusi, penugasan, pendampingan, simulasi, wawancara, FGD, praktek sehingga setiap peserta akan mempunyai kepercayaan diri dan mampu untuk memenangkan beasiswa. Target hasil training adalah mendapatkan beasiswa dari lembaga pemberi beasiswa kredibel (pemerintah, LPDP, yayasan, donor, negara asing, dsb) untuk melanjutkan kuliah gratis di dalam dan luar negeri dan mewujudkan cita-cita besar menjadi calon pemimpin masa depan.

 

Prof. Dr. Cahyono Agus

Guru Besar UGM Yogyakarta

Reviewer beasiswa LPDP Kemenkeu RI 2013-2014

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Keluarga Besar Persatuan Tamansiswa (PP PKBTS)

Homepage: http://acahyono.staff.ugm.ac.id

E-mail: cahyonoagus@gadjahmada.edu, acahyono@ugm.ac.id

HP: 081 5688 8041

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *