UCAPAN SELAMAT ULANG TAHUN ke 99 TAMANSISWA

Ketua Umum PP PKBTS

UCAPAN SELAMAT ULANG TAHUN ke 99 TAMANSISWA

Ketua Umum PP PKBTS

Pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) dan segenap insan Tamansiswa dan mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Tamansiswa ke 99 pada tanggal 3 Juli 2021. Menyongsong seabad Tamansiswa yang tinggal setahun ini, dan meski sudah sangat terlambat, semoga kita tetap dapat memperjuangkan dengan sungguh-sungguh dalam merancang dan mewujudkan kejayaan masa depan Tamansiswa, dengan mengukir sejarah dan prestasi baru kembali. Bukan lagi hanya sekedar bernostalgia atas kejayaan masa lampau.

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Perguruan Tamansiswa pada kondisi yang sangat memprihatinkan. Tamansiswa akan berjaya kembali atau justru mati suri menjadi museum, sangat tergantung kebangkitan yang diperjuangkan secara sungguh-sungguh oleh seluruh insan Tamansiswa sendiri. Karena kebangkitan Tamansiswa tentu saja tidak bisa dilakukan secara instan, apalagi berupa pemberian hadiah dari pihak lain.

Marilah kita bersatu padu berkontribusi nyata untuk ikut berjuang secara sungguh-sungguh mewujudkan sejarah kejayaan kembali Tamansiswa baru.

Saat ini Indonesia masih mengalami krisis pendidikan dan diperparah dengan adanya Pandemi Covid-19 karena kebijakan, kurikulum dan prakteknya masih kurang baik, bahkan mengacu pada konsep luar negeri serta tercerabut dari jati diri dan roh unggulan bangsa Indonesia.

Tamansiswa harus mampu menjadi cucuk lampah paling depan dalam revitalisasi, renainsans, pembaharuan pendidikan nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta memajukan kesejahteraan umum. Konsep ajaran luhur Ki Hadjar Dewantara dengan system Among, metode SariSwara dan lainnya dipercayakan mampu mencerdaskan otak, menghaluskan budi dan mentrampilkan tangan. Diharapkan dapat menjadi salah satu solusi obat mujarab untuk semakin mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum, sebagaimana yang diamanatkan oleh Pembukaan dan UUD 1945, namun tetap berakar kuat pada budaya dan jati diri unggulan bangsa sendiri.

Konsep dan ajaran luhur KHD tersebut meski dikembangkan pada saat jaman colonial seabad lampau, namun masih tetap relevan pada jaman milenial ini, meski tentunya harus direvitalisasi dan dilakukan pembaruan agar sesuai dengan tuntutan jaman,  distructive innovation 4.0, Pendidikan dan Society 5.0.

Semoga pada peringatan seabad Tamansiswa tahun mendatang segala impian kejayaan Tamansiswa itu bisa mulai diwujudkan, bukan justru semakin mati suri.

Akhirul kalam, wassalamu”alaikum wr.wb.

Hormat kami,

Ketum PP PKBTS

Ki Cahyono Agus